Misnandi Blog

Selalu ada hari indah untuk belajar

Pertolongan Pertama Saat Ponsel Tercebur

Cara Menyelamatkan Hp Android Yang Terendam AirKini banyak smartphone canggih yang telah dilengkapi dengan kemampuan agar tahan berada di dalam air. Namun masih banyak smartphone atau ponsel konvensional yang tidak dirancang untuk itu. Dan jika Anda secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel tersebut ke air, hal ini bisa menjadi awal petaka karena bisa menyebabkan ponsel tidak berfungsi atau mati. Tapi jangan panik dulu, dengan tindakan yang tepat, Anda masih bisa menyelamatkan ponsel dari kemungkinan kerusakan yang lebih parah dengan memperhatikan hal yang mesti dihindari dan juga apa saja yang mesti dilakukan.

Jangan lakukan hal ini:

  • Jika dalam kondisi mati, jangan langsung nyalakan ponsel. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemungkinan korsleting pada kabel atau komponen tertentu.
  • Jika dalam kondisi hidup, jangan langsung menekan sembarang tombol untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau tidak.
  • Jangan mengguncang atau memiring-miringkan ponsel, hal ini untuk menghindari air menyebar di dalam komponen.
  • Jangan coba untuk mengeringkan bagian dalam dengan udara panas (contohnya pengering rambut), karena komponen tertentu sangat rentan dengan udara panas.
  • Jangan pula menggunakan blow dryer (atau perangkat dengan tiupan angin kencang) karena bisa jadi akan menyebarkan air ke komponen internal yang belum terkena air sehingga malah akan memperparah kondisi smartphone.

Langkah yang mesti dilakukan:

  • Jika kondisi dalam keadaan masih hidup/menyala, langsung matikan ponsel.
  • Jika tercebur di air yang kotor atau air laut saat bermain di pantai, bilas terlebih dahulu bagian luar. Khusus untuk air laut, bilas dengan air tawar untuk menetralisir air garam laut yang lebih berbahaya bagi perangkat elektronik.
  • Setelahnya, lepaskan casing pelindung, keluarkan kartu microSD serta kartu SIM dari slotnya. Dan jika menggunakan baterai yang bisa dilepas, jangan lupa untuk mencabutnya.
  • Gunakan kain lap kering, tisu, atau handuk untuk mengeringkannya, hindari agar air tidak menyebar ke area lain.
  • Jika air masuk ke area yang lebih dalam, Anda bisa menggunakan vakum untuk menyedot air yang terdapat pada celah yang sulit dijangkau.
  • Timbun ponsel dalam beras karena beras sangat baik dalam menyerap cairan (dalam kondisi baterai dan kartu telah dilepas). Meski terkesan janggal namun hal ini merupakan metode umum dalam mengeringkan smartphone atau tablet yang tercebur ke dalam air. Usahakan menimbunnya dalam waktu 24 jam.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 December 2015 by in Gadget, Tutorial.
%d bloggers like this: